Senin, 23 April 2012

(Bukan) Tugu Tengku Peukan

Beberapa bulan lalu aku pernah mem-posting mengenai Tugu Tengku Peukan di Aceh Barat Daya yang wujudnya tidak sama dengan yang selama ini beredar di internet. Kemudian ada seorang kawan bernama Hery MS yang berkomentar memberitahu bahwa tugu dalam gambar yang selama ini beredar sebenarnya sebuah tugu di kawasan Taman Sari, Banda Aceh. Nah, sewaktu menggelandang di Banda Aceh pada hari Jum'at, 20 April 2012, berjalan kaki tak tentu arah, aku menemukan tugu yang dimaksud tadi. Lokasinya di seberang Balai Kota Banda Aceh. Kata kawanku, daerah tersebut memang disebut Taman Sari. Ini fotonya:



Yang ini versi zoom-nya, agar lebih jelas:




Bandingkan dengan gambar berikut yang kuambil dari sini:


Mirip, kan? Mungkin malah bisa dibilang sama. Sayangnya aku tidak mengecek tulisan pada tugu tersebut jadi aku tidak tahu sebenarnya itu tugu apa. Maklum, lah... Aku sudah menanggung malu dengan bolak-balik memotret seperti turis yang belum pernah ke Banda Aceh (meskipun tetap saja aku muka tembok dan tetap memotret apa saja yang menurutku menarik).

Nah, jadi kesimpulannya, foto yang selama ini beredar di internet dan 'dianggap' sebagai Tugu Tengku Peukan di Aceh Barat Daya sebenarnya adalah sebuah tugu di Banda Aceh. Sedangkan Tugu Tengku Peukan yang sebenarnya wujudnya seperti yang sudah pernah ku-posting di tulisan sebelumnya. Demikian hasil investigasi kali ini.

ARTIKEL TERKAIT



26 komentar:

  1. Mirip banget ya . . .
    Mungkin arsiteknya kembar ya :D

    salamkenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih arsiteknya satu, trus membelah diri :p

      Hapus
  2. Kunjungan Perdana, salam kenal yaa.., btw blogx Adem mgkn cz pengaruh warna hijaux kali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, ternyata blog saya keliatan adem.
      Salam kenal juga :)

      Hapus
  3. wah ada bakat jd detektive neh? klo soal futu-2, saya jg srg EGP klo ada obyek mnarik yg poto deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tetep aja risih diperhatiin pas moto2 :D

      Hapus
    2. wah kapan y bisa main ke banda aceh >.<

      ^mondar-mandir disangka mau ngapa2in tuh @.@

      Hapus
    3. Gak lah, paling cuma disangka turis nyasar :p

      Hapus
  4. Balasan
    1. Kayanya malah sama, deh, bukan cuma mirip :p

      Hapus
  5. Memang mirip banget Ndah, aku lihat sekilas tadi juga kirain sama hehehe...

    BalasHapus
  6. iya.... mirip banget..... barangkali yang membedakan adalah bangunan di belakangnya ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan bangunan belakangnya karena beda waktu pengambilan aja. Beda beberapa tahun, jadi wajar ada perbedaan bangunan.

      Hapus
  7. Syetdah! Smpe investigasi sgala! Hihihi, tp it's okelah! Karna gue banyak liat nama mbak mil jd pmenang GA! Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak? Definisi banyak-mu perlu diperbaiki deh :p

      Hapus
  8. Assalamualaykum..kunjungan perdana..terimaksih banyak sdh follow blog saya..Hm..asli dari Aceh ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam..

      Saya bukan orang Aceh. Saya orang Jawa yang tinggal di Aceh.

      Hapus
  9. wah teliti banget, sampe di investigasi segala hehe..

    btw trims banget nambah ilmu:}

    BalasHapus
  10. Wahhh, begitu yah ceritanya...
    oke dah sobat..

    thanks udah share ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kira-kira begitulah ceritanya :D :D :D *udah kaya pendongeng inih*

      Hapus
  11. he...he..., siapa yg pertama upload foto salah?
    banyak orang pastinya yg dapat info ngasal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, untuk mengetahui yang pertama meng-upload, perlu investigasi lebih mendalam :p :p :p

      Hapus
  12. Ana tertarik ni sama tulisan ini. Ternyata salah ya info2 yang beredar di Internet..??
    Ana perhatikan dari dua gambar yang dibandingkan, cuma sama tugunya saja yaa.. Bisa dibuat Game "Mencari 10 perbedaan dari dua gambar berikut" hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah, malah dijadiin ide game. Gambar latar belakangnya berbeda mungkin karena beda waktu pengambilan. Selisih beberapa tahun kayaknya.

      Hapus

Silakan meninggalkan jejak berupa komentar sebagai tanda bahwa teman-teman sudah membaca tulisan ini.. Tapi, tolong jangan menggunakan identitas Anonim (Anonymous), ya.. Dan juga, tolong jangan nge-SPAM!!!