Jumat, 14 Februari 2014

Curhat Golongan Darah

Pernah membaca analisis sifat manusia berdasarkan golongan darah? Percaya? Kalau aku, sih, antara percaya dan tidak. Golongan darahku O dan ada sebagian karakter golongan darah O memang sesuai dengan sifatku. Tapiiiii ... kebanyakan yang sesuai itu yang negatif! Misalnya disebutkan kalo golongan darah O itu ruthless (kejam). Harus kuakui, aku punya bakat jadi orang yang kejam. So, don't mess with me! Eh, kok, jadi ngancem gini? Tenang, pada dasarnya aku baik hati, kok. Tapi, kalau aku memutuskan untuk bersikap kejam pada seseorang, biasanya aku benar-benar tega dan berpikir bahwa orang itu layak diperlakukan seperti itu. He/she deserves it! Disebutkan juga bahwa golongan darah O itu sloppy. Aku tidak yakin arti kata sloppy ini. Setelah searching di internet, ada dua macam terjemahan untuk sloppy ini yaitu careless dan lack of neatness). Honestly, I am. Both. I couldn't agree more. Hiks, parah, ya!

Ada juga karakter yang sesuai dengan sifatku, dan itu bisa positif maupun negatif. Misalnya expressive dan curious. Aku memang termasuk yang ekspresif, sih. Tapi, kadang juga bisa jadi orang tanpa ekspresi, hehehe. Dan, curious? Ini masalah besar buatku. Aku sering jadi korban rasa penasaranku sendiri. Pernah aku dan teman-temanku membicarakan tentang pohon di salah satu kantor. Temanku yang orang Aceh Barat Daya menyebutkan bahwa itu pohon cemara. Sedangkan temanku yang bukan orang sini mengatakan bahwa itu pohon pinus. Karena penasaran aku pun langsung googling mencari tahu ciri-ciri pinus dan cemara. Pernah juga kami membicarakan tentang bunga jeumpa dan seulanga. Kami tidak yakin bunga itu dalam Bahasa Indonesia namanya apa. Kami juga tidak tahu bentuknya seperti apa. Karena penasaran, aku langsung googling dan menemukan bahwa jeumpa itu sama dengan bunga kantil dan bunga seulanga sama dengan bunga cempaka. Kadang aku merasa aneh dengan sifatku yang "niat banget" mencari tahu. Ada juga karakter yang kadang sama kadang tidak. Misalnya strongly purposed-oriented. Memang, sih, kadang aku cenderung berorientasi hasil. Suka-suka gue mau pake cara apa, yang penting mah hasilnya sesuai. Tapi, tidak selalu seperti itu juga.

Karakter yang lain agak meragukan. Katanya golongan darah O itu competitive, social, leader. Umm, competitive? Sepertinya aku bukan orang yang suka berkompetisi, deh. Aku bukan orang yang mau repot dan susah mengalahkan orang lain, hehehe. Social? Err, ini jauh berbeda dengan sifatku yang kurang luwes dalam bersosialisasi. Leader? Oh, my God! Aku paling stress kalau jadi pemimpin. Masa iya aku berjiwa leader?

Jadi, penelitian itu salah? Tidak juga. Penelitian itu, kan, menggunakan sampel untuk mewakili populasi. Tetap saja ada error (meskipun sangat kecil). Atau, bisa jadi ada outlier yang nilainya jauh berbeda dengan kebanyakan anggota populasi yang lain. Mungkin aku outlier itu, hehehe. Lagipula, sifat manusia, kan, tidak hanya dipengaruhi golongan darah. Ada faktor internal dan faktor eksternal. Mungkin memang ada bawaan sifat-sifat sebagaimana hasil penelitian. Tapi, bisa jadi ada faktor eksternal yang "menekan" sifat itu. Misalnya, golongan darah O yang katanya ekspresif, bila sejak kecil tinggal di lingkungan yang membatasinya untuk berekspresi, bisa jadi tidak ekspresif (apa, sih, lawan kata ekspresif?). Atau golongan darah A yang katanya serius, bila lama berada di lingkungan orang-orang yang santai kaya di pantai, bisa-bisa juga terpengaruh dan ikut-ikutan santai. Lingkungan juga berpengaruh dalam membentuk karakter seseorang. Iya, kan?

Oh, ya. Ada satu hal yang membuatku heran. Teman-temanku dalam menggila kebanyakan bergolongan darah B. Apa berarti orang golongan darah O cocok dengan orang golongan darah B? Hmmm.. Beben golongan darahnya apa, ya?

ARTIKEL TERKAIT



42 komentar:

  1. Beben? om Cucumber?
    ayah dan ibu mbak Milo bergoldar O semua atau bukan?
    Kata na, itu jg bisa mempengaruhi. Misal Ayah O dan ibu A, bisa jadi mbak Milo goldarna gak murni O_O, tapi O_A.

    kekna lingkungan tempat tinggal dan tempat bergaul memang bisa membawa pengaruh pd watak seseorang juga sih ya. ~,~

    Hebat na orang O adalah, mereka itu bisa menuntaskan pekerjaan di waktu2 mendekati DL. The power of kefefet na sering keluar. Daya juang utk hidupna juga tinggi. Dan mereka itu beneran sosialis. Mbak kalo lagi bahagia atau lagi sedih selalu pengen cerita ke orang lain kan? Beda na dg AB, AB cenderung suka menyimpan sendirian ttg apa yg dia rasakan. :v

    O sama A cocok, O sama B cocok, O sama O kekna juga cocok, Katana, yg paling sering padu itu: O sama AB, & A sama B. Karena AB suka sekali menganalisis segala kekurangan yg ada di O, sedangkan si O suka sekali mendramatisir sesuatu. A terjadwal dan B nyantai. Tapi itu bukan patokan baku sih. Nama na juga cuma ramalan. Othak-athik gathuk. Cocoklogi. :D

    Kalo masalah suka kepo, wuiiih, itu aku banget mbak. Saking kepo na, aku kadang suka mengira goldarku ini O lho. Tapi entahlah. Sepertina aku juga punya watak A, B, dan AB. :v

    goldar O orang yg kompetitif? katanya iya, tapi dg syarat, dia merasa bahwa dia bisa mencapai target yg dia inginkan. Diam2, ternyata kekepoan orang O berguna utk menganalisis kekuatan lawan. Ketika dia mengumpulkan semua data, dan merasa bahwa saingan dia mempunyai kemampuan terlampau jauh di atas kemampuanna, biasana dy gak berniat bersaing. Tapi kalo dia merasa bisa bersaing, dia pasti akan bersaing mati-matian. Hayoo, bener gak? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dibilang jangan panggil dia Om -_-
      Kalo maksudnya heterozigot, mungkin cuma berlaku di orang golongan darah A sama B. Misal bapaknya A (homozigot Ia Ia, atau heterozigot Ia Io) ibunya O (Io Io) anaknya yang A heterozigot (Ia Io). Bisa aja si anak sifatnya ada pengaruh O. Tapi, kalo anaknya O (Io Io), bukannya dia homozigot? Jadi menurutku O gak punya sifat A deh meskipun ortunya ada yang A. Nggak tahu juga ya kalau sifatnya diturunkan lewat cara lain selain golongan darah. *sok pinter, padahal dulu gak jago Biologi

      Temen-temenku yang O emang biasanya kalo udah kepepet kerjanya cadas banget. Kalo aku sendiri nggak tahu :D Iya, sih, aku suka cerita kalo ada apa2. Itu termasuk sosialis ya?

      Sampai sekarang aku nggak tahu temenku yang goldarnya AB atau A. Tahunya cuma yang B sama O :D

      Mbok tes darah aja sana. Katanya kepo, masa nggak kepo sama golongan darah sendiri -_-

      Soal kompetisi aku nggak yakin sih. Dulu pernah sih ngotot ngalahin temen pas SMA gegara she has everything and I have nothing, plus ngerasa dianggep bodoh aja sih. And I won!!! Tapi, abis itu gak inget pernah bersaing sama siapa lagi. Mungkin karena udah mulai gak peduli sama orang lain kali ya, jadi cuma mikirnya yang mau kuraih aja, gak peduli pencapaian orang lain.

      Hapus
    2. kalo gak boleh dipanggil oom, maka akan kupanggil dy bapak :v
      soal heterozigot & homozigot, no komen ah. Itu pelajaran biologi kelas 3 SMP bukan? AKu udah lupa. Nanti kalo udah nemu penjelasanna, baru bisa komen lagi. :v

      orang2 O sepertinya memang selalu punya banyak energi ya mbak. :D
      Sifat sosialisna O yg kutangkep dari komik bloodtype: O itu makhluk sosial, ga spt AB yg sangat individualis. Orang O selalu butuh orang lain karena dia senang berinteraksi. Dia ga bisa hidup sendiri. Kupikir letak sosialis na karena dia senang berinteraksi dg orang lain. Kalo di komik Bloddtype, si O ini digambarin kayak karakter yg dimainkan Tom Hanks di film Castaway. Tom Hanks suka berbicara sama bola yg dia beri nama WIlson sebagai ganti teman manusia dalam berinteraksi.

      Coba survey ke temen2 yg suka padu sama mbak, goldar mereka apaan sih? *penasaran*

      kepoku mengenai goldarku, aku lampiaskan dg baca2 komik doank mbak. Mo cek goldar ke PMI takuuuuuutt. .>,<.

      soal bersaing dan kompetisi, nokomen dulu ah. Ga tau kenapa, mendadak rasana spt menderita mind blank disorder. .>,<.

      btw, sinyalku mendadak dangdut, eh, mendadak merajuk. XD

      Hapus
    3. Yo wis, ditunggu komen lanjutannya soal homozigot heterozigot.

      Berarti Wilson-nya Tom Hanks sama kaya blogku ini kali ya. Teman berinteraksi, gantinya manusia *sok nyama2in

      Aku males je nanyain ke mereka goldar mereka apa. Ngobrol biasa aja males apalagi sampe nanya2 goldar -_-

      Yaelah, kan cuma diambil darah seuprit.

      Enha di mana sih? Kok sinyale jelek?

      Hapus
    4. waaaawaaawaaa, aku belum nyempetin buat baca homozigot-heterozigot.
      Tapi pengen komen lagi aja :v :v :v

      Wilsonnya Tom Hanks beda sama blog. Kalo blog kan bisa buat komunikasi dg manusia lain mbak. Si Wilson, diajak ngemeng kayak apapun, dia cuma bisa masang tampang tersenyum. :v :v :v

      Kalo males nanya, di lihat di data statistik aja. Bisa kan? hehehehehehee XD

      Meski cuma seuprit, yang namanya sudah takut duluan, ya tetep aja nyalinya ciut mbak.

      Oia, aku ada di hatimu ~,~
      #plak.plak.plak
      digampar tiga kali

      Hapus
    5. Bagus! Komen aja. Biar post ini kelihatan keren karena banyak komennya. *padahal sing komen yo mung enha :D

      Kami nggak sampe ngedata golongan darah :D

      Kamu di hatiku? Kamu darah, racun, apa cacing hati?

      Hapus
    6. hehehehehehehehe :D

      wah, kalo gitu, pura2 pinjam KTP aja mbak. Cara jitu nih keknya. XD

      aku racun hatimu, wkwkwkwk XD

      Hapus
    7. Kan banyak yang di KTP-nya nggak diisi golongan darahnya. *tetep

      Jadi jadi jadiii? Kamu yng selama ini meracuni hatiku? *apasih

      Hapus
    8. yg gak ngisi golongan darah kan cuma mereka2 yg gak tahu goldarnya mbak. Kayak KTP ku. XD

      Hapus
  2. samaaaa...aku juga, mill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama apanya nih? masa semua yang kutulis itu sama kaya mb ayum...

      Hapus
    2. aku juga berantakan, penasaranan, kadang cenderung kejam juga. tapi kayake masih di bawah levelmu kok, mill. #ngacir

      the power of kefefet itu, bener banget. nah itu, masalah leadership juga. nggak aku banget. gimana mau jd pemimpin wong careless begitu. dan aku selalu merasa tertekan tiap kali aku dijadiin "ketua", selalu merasa bersalah sama timku, karena sifatku yang perfeksionis sok idealis...

      perfeksionis tapi nggak teratur ki piye jal? kompliketid banget kepribadian gue...rrrggghhh

      Hapus
    3. Yakin kok kalo kejemnya Mb Ayum masih di bawahku. *bangga

      Jadi pemimpin kan nggak enak ya. Apalagi kalo kudu mimpin orang2 yang ngeyelan -_-

      Perfeksionis tapi nggak teratur? Berarti menuntut ketidakteraturan yang sempurna. Hlo?

      Hapus
    4. hahaha....kamu emang cerdas banget mill, berhasil membuat satu kesimpulan ttg aku :p.

      iyo, opo meneh nek PCL-e bapak-bapak atau yang udah sepuh banget. jadi sungkan kalau bolak-balik tak telpon nanyain ini-itu ttg cacahannya yang kurang. kalau sama yang muda, kebanyakan mereka kapok klw aku yg jd PMLnya...hahhahaha

      Hapus
    5. Dari dulu aku emang cerdas og mbak. Baru tahu? *ditabok pake dokumen Susenas

      Nggak papa mbak. Biar nggak keterusan salahnya. kalo ditanya kan jadi inget, pas nyacah lagi kesalahannya gak terulang. *sok bijak

      Hapus
  3. Golongan darahku B loh Mbak!

    Bapak ibuku dua-duanya B. Suatu saat, aku pernah tes ngecek darah di pelajaran Biologi pas SMA. Dan masing-masing anak disuruh tes sendiri. Trus, aku ngetes sendiri hasilnya O aja dong! Padahal agak enggak mungkin kalau aku O, ibuku BB bapakku BO. Lalu ada teman, yang kubilangin, aku O... ortuku B semua...

    Dia langsung, "Una yang sabar yah.." Pake muka kasihan gitu...
    Huhuhu, ketuker sama princess dari mana yah aku x_x

    Aku paling suka baca komik goldar yang Korea-Korea itu~ kadang ada yang pas sih hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok Na, nek kowe B. Woles gitu orangnya :D

      Berarti yang tes darah bisa salah gitu? sebenernya B tapi pas tes sendiri O?
      Ibuku ngakunya O, bapakku juga katanya O, tapi mbakku B :D Mbuh yang salah yang mana.

      Sama. Aku juga suka baca komiknya. Apalagi pas bagian yang lucu2 ngeselin.

      Hapus
    2. @ Una: pantesan di WA nanyain ttg goldar? ternyata hbs BeWe dr sini toh?

      Hapus
  4. aku sekeluarga O semua golongan darahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. woh, kalo transfusi gak repot lah ya. *eh, semoga gak perlu sampai transfusi ding

      Hapus
  5. kyknya org indonesia mayoritas O, gw jg O. tp kog yg ditulis sifat golongan darah itu ga ada yg kyk gw yak ? jgn2 gw broken O :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gitu ya broken O? jadi C dong ya kalo O nya broken..

      Hapus
  6. saya aneh! masa karakter kita disamakan dengan golongan darah.. aku ga percaya sama ramalan melalui golongan darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. err, kayaknya bukan ramalan, sih. ini kan kayaknya pake penelitian ilmiah. pake sample yang (dianggap) mewakili populasi. dari sample itu diteliti, karakter nya seperti apa, dicari kemiripan karakter orang-orang yang bergolongan darah sama, yang golongan darah A seperti apa, B seperti apa, dilihat polanya. beda sama ramalan bintang gitu, misal ramalan bulan Maret, orang yang zodiak Cancer bakal ketemu sama artis idolanya (itu mah maunya saya ya :D). kalo yang zodiak itu mah bener2 ramalan yang gak ilmiah.

      tapi yang soal golongan darah ini ya gak 100% bener juga. karena ada banyak faktor lain yang mempengaruhi karakter manusia. lagipula pada dasarnya manusia itu unik, tidak bisa disamaratakan (meskipun bisa dicari kemiripannya, sih).

      Hapus
  7. Dulu pernah ada penyuluhandari PMI (Palang Merah Indonesia) tentang pentingnya donor darah. Saat sesi tanya-jawab, ada yang bertanya, "apakah donor darah dapat mempengaruhi perilaku/sifat orang yang disumbang darah?" Jawaban dokter ternyata tidak. Golongan darah saya juga O, tapi saya tidak begitu percaya dengan persamaan karakter seperti itu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya nggak percaya mah terserah ya..

      Hapus
  8. aku blom pernah baca secara keseluruhan sih soal berbagai macam jenis golongan darah dan karakternya , jadi ya nggak percaya percaya amat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga belum baca bukunya keseluruhan. cuma baca komik di page aja.

      Hapus
  9. kok golongan darah kita sama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, golongan darah O kan emang paling pasaran. Wajar kalo sama.

      Hapus
  10. Permisi..
    Aye ikutin nimbrung ya..
    Hehehe

    Bagus artikel na, mbak..
    Tak ksh jempol dulu (y)

    Pertama-tama kita toss dulu (sama2 O, dan karakter kita 11-12)

    Saya cerita dikit ya..
    Awal-mula bs nyangkut disini, gara2 saya curious..*tepuk tangan*

    Beberapa hr yg lalu, saya dan tmn2 pertama kalinya ikutan donor darah..
    Karena agak tegang nunggu giliran, kita cerita2 ttg gol dar..
    Lalu ad 1 tmn ku, yg unik banget..
    Ortunya A dan B, kakaknya A ato AB ya, saya lupa..Dan dianya O..
    Dan saat itu ga da yg memberikan jawaban, mreka hanya mengolok-olok dia..
    Pulang dari sana, saya langsung googling cari tau..
    Daaan akhirnya sampailah disini..
    Haha..


    Trus..
    Tambahan aj.. :D
    Slain faktor lingkungan yg mempengaruhi kebenaran karakter kita..
    Karakter juga dipengaruhi dari zodiak, shio, huruf yg terkandung pada nama (ya elah.. hal ga pasti lg nih, ya #LOL)
    Hehe..harap maklum aj ya, soalnya saya suka cari yg ginian..(walaupun ga 100% percaya sih #plak)

    Sekian dulu dari aye, takut ngelantur kemana-mana..
    Salam kenal ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa? Sifat kita 11-12? Gawat :D

      Emang ada dari hasil searching google ada yang ngarah ke tulisan ini? Wow!
      Itu berarti ortunya dua-duanya heterozigot. A homozigot (IaIo) sama B homozigot (IbIo). *soknjawab

      Kalo zodiak ama shio saya nggak yakin sih. Ada ya penelitian soal itu? Yang jelas, kalo korelasi zodiak, shio, sama nasib, saya sama sekali jelas nggak percaya :D :D :D

      Hapus
    2. mbak Visella 11-12 sama mbak Milo?
      berarti mbak Visella kemungkinan juga 10-11 sama saya. *ikutan nimbrung*

      Kyaaaa, mbak Visella juga moody ya? kog sama?
      suka baca karakter berdasar zodiak juga?
      kog sama lagi sih. XD

      @mbak Milo: aku belum baca teori zigot2 itu mbak. Deuhh.
      Kalo korelasi zodiak dg watak, percaya gak mbak?

      Hapus
    3. kalo enha 10, visella 11, aku 12, berarti aku paling parah dong? :D :D :D

      errr, embuh ya. kalo korelasi karakter sama zodiak kurang percaya. soalnya banyak nggak pas nya sih :D :D :D

      Hapus
    4. yoi, yg punya rumah (blog), harusnya yg paling parah :v

      coba nanti tak cariin link yg pernah aku baca mbak. Di website ini, karakterku hampir semuanya mirip sama yg disebutin di situ.

      Hapus
    5. Kalo dah ketemu, kasih tahu link nya yaaa. Tapi aku udah berencana nggak percaya sih. *plak

      Hapus
    6. ini salah satu linknya, masih ada link yg lain sih, Ganesha bla bla bla, tapi keknya hanya link ini yg memuat personality per tanggal, coba dicheck:
      http://birthdaypersonality (dot) tumblr (dot) com/index
      :)

      Hapus
    7. Barusan baca link-nya. Beda ama karakterku -_-

      Hapus
    8. beda? wew, kalo gitu, coba yg ini:
      http://www (dot) thesecretlanguage (dot) com/check/birthdate/

      Hapus
    9. sebagian sama sebagian beda :D

      Hapus
  11. Hai..hai..
    Telat banget aku dtg #ditimpukin

    Gawat apany, Mil?? #maaf_sok_akrab xD
    Yg pnting ga 12-12 aj deh ya..
    Hihihi

    Oala~
    Sma aku jg blum mncerna si zigot2 *lirik Enha*

    Hehehe
    Sbenarnya bkn soal percaya sih, seru dan asyik aja banding2in hasil pnilaian karakter dr bbgai sumber :D *colek Enha*

    Klo Enha 10, sy 11 dan Mil 12, cari 1-9 yuk..
    Wkwkwkwk

    Apaa??
    Enha jg Moody??
    Sk baca2 yg gtuan jg??
    Hm..
    Mgkn kita sodara kmbar yg trpisah #cth_yg_tracuni_sinetron :D

    Uda pda bca buku karakter goldar blm?? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelah, ini tulisan jaman kapaaan, masih ada yang komen juga :D

      duh, jangan repot2 deh nyari yang 1 sampe 9. ribet :p

      buku yang mana dulu nih? judul dan penulisnya? kalo yang komik sih udah baca sebagian.

      Hapus

Silakan meninggalkan jejak berupa komentar sebagai tanda bahwa teman-teman sudah membaca tulisan ini.. Tapi, tolong jangan menggunakan identitas Anonim (Anonymous), ya.. Dan juga, tolong jangan nge-SPAM!!!