Selasa, 13 Maret 2012

Bukan Sekadar Kata-Kata


Gambar di atas adalah spanduk yang kulihat sewaktu peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan di Kecamatan Lembah Sabil pada 5 Maret 2012 yang lalu. Roaming? Yah, bagi yang bukan orang Aceh mungkin tidak mengerti arti kalimat pada spanduk di atas. Berhubung aku selalu ingin tahu bila melihat tulisan seperti itu, aku langsung bertanya pada kawanku yang orang Aceh, Meri, mengenai arti kalimat itu sembari menebak-nebak karena ada beberapa kata yang sudah kumengerti.

Nanggroe Tapeugot, Ukhuwah Tapeukong, Rakyat Beucarong, Makmu Seujahtra, Adat Tajunjong, Hukom Tapeudong, Aman Lam Gampong, Syariat Beu Meusahaja


Nanggroe = negara
Got = baik
Peugot = perbaiki
Tapeugot = kita perbaiki
Ukhuwah = ukhuwah, persaudaraan
Peukong = perkuat
Tapeukong = kita perkuat
Rakyat = rakyat
Carong = pandai
Makmu = makmur
Seujahtra = sejahtera
Adat = adat
Junjong = junjung
Tajunjong = kita junjung
Hukom = hukum
Dong = berdiri
Tapeudong = kita dirikan, kita tegakkan
Aman = aman
Lam = dalam
Gampong = kampung
Syariat = syariat
Meusahaja = bersahaja

Jadi, lebih kurang arti dari kalimat dalam spanduk tadi sebagai berikut:
Negara kita perbaiki, Ukhuwah kita perkuat, Rakyat semakin cerdas, Makmur sejahtera, Adat kita junjung, Hukum kita dirikan, Aman di dalam kampung, Syariat bersahaja.

It sounds very good, right? Rakyat yang cerdas, makmur, dan sejahtera, ukhuwah (persaudaraan) yang kokoh, hukum yang ditegakkan, lingkungan yang aman, dan terutama syariat yang dijalankan dengan benar. Semoga bukan sekadar slogan. Kita bisa mewujudkannya. Ya, kita.

NB: if you have a better translation, feel free to comment

ARTIKEL TERKAIT



16 komentar:

  1. yaaappp betul, smoga bukan hanya sekedar slogan saja. tapi memang benar2 bisa direalisasikan

    BalasHapus
  2. eeeeeeh sudah diwakilkan sama wakil rakyat lhoh :D

    BalasHapus
  3. Ayo... kita bisa melaksanakan slogan itu :D

    BalasHapus
  4. Yohi ..
    Indonesia harus melaksanakan slogan2 bagus tersebut. bukan hany mengucapkannya ..*sotoy
    nice post ..
    hehe

    BalasHapus
  5. lebih dari itu mari ikut mewujudkan

    BalasHapus
  6. kirim alamatmu ulang ya, akun yg tadi tak bisa diakses entah kenapa. alamatnya ada di komen di blogku :(
    maaf merepotkan.

    BalasHapus
  7. mungkin nanti kalo slogan pake bahasa palembang, langsung dicari tahu juga artinya yaa.. hehe :D

    slogannya bagus, dan semoga tidak sekedar menjadi slogan saja..

    BalasHapus
  8. @ Mabruri, Anak Rantau, EY Surbakti, Kampung Karya: siiip! mari kita wujudkan :)

    @ Kaito Kidd: eh, adek, mau toh terus2an diwakili mereka?

    @ nicamperenique: oke

    @ dhenok habibie: kayaknya sih gitu, lagipula kawan saya orang Palembang, jadi bisa lah diminta jadi penerjemah

    BalasHapus
  9. Wow .. ini salah satunya yang suka dari ngeblog. Bisa jalan2 ke Aceh :D (secara maya)

    Mudah2an kelak bisa secara nyata ...

    BalasHapus
  10. mudah mudahan menjadi doa yang makbul ya. . . . . malem mbak mil hehehehe

    BalasHapus
  11. sempet bengong pas baca tulisan digambar hehe kalau gak diartiin gak ngerti deh :P
    sloga yg bagus ^^ semoga dapat terealisasi

    BalasHapus
  12. @ Tabah: Aamiiiin

    @ Corat - Coret [Ria Nugroho]: Hehehe, saya juga agak bingung awalnya. Untung bisa nanya ke teman.

    BalasHapus
  13. iya arti spanduknya dalem banget

    BalasHapus
  14. kunjungan siang ahhh. . ..

    BalasHapus
  15. @ antaresa & Tabah: :) :) :)

    BalasHapus

Silakan meninggalkan jejak berupa komentar sebagai tanda bahwa teman-teman sudah membaca tulisan ini.. Tapi, tolong jangan menggunakan identitas Anonim (Anonymous), ya.. Dan juga, tolong jangan nge-SPAM!!!