Senin, 28 Mei 2012

Misi Penyelamatan Dunia Kartun

Alert! Yang tidak suka anime mungkin akan “nggak nyambung” dengan cerita berikut.

Profesor Senbei

Arale

Kenapa wajahmu begitu besar
Banyak yang memanggilmu wajah besar
Bahkan di foto wajahmu tak terpotret semua karna wajahmu besar
Apapun usahamu... Wajah besar, wajah besar...
Walau keras upayamu... Wajah besar, wajah besar, wajah besaaar...
Tidaaaaak! [1]

“Hey, Arale!” teriak Profesor Senbei memanggil Arale, robot ciptaannya, yang sedang menyanyikan lagu kesukaannya – meskipun Profesor Senbei sangat membenci lagu itu karena lagu itu adalah ejekan untuknya. “Bantu aku mengerjakan mesin ini,” lanjut Profesor Senbei.
“Oyoyo???” seperti bisa Arale memasang wajah polos – mungkin lebih tepatnya agak bodoh.
“Memangnya Profesor mau buat mesin apa? Kok, mirip mesin cuci?” tanya Arale sambil mengambilkan obeng yang ditunjuk Profesor Senbei.

Sambil memasang baut di mesin ciptaannya Profesor Senbei menjelaskan pada Arale. “Dunia kartun sedang dalam bahaya. Marishito semakin berambisi menguasai dunia. Setelah dia gagal menguasai dunia dengan ciptaan pertamanya, Karamel Man yang malah jadi naksir kamu, dia menciptakan robot bernama Korean Man yang sedang berusaha mencaplok wilayah kekuasaan kita di otak manusia. Dia menyebarkan virus K-Pop dan K-Drama. Kalau hal ini dibiarkan, tidak lama lagi kita akan terhalang untuk masuk otak manusia, dan dunia kita cuma di dalam televisi.”

Beberapa jam kemudian, Profesor Senbei selesai mengerjakan mesin ciptaan barunya. Ternyata itu adalah sebuah mesin cuci, eh, mesin lintas dimensi. Mesin ini akan digunakan untuk melakukan perjalanan ke dimensi lain. Profesor Senbei berniat mengirim Arale ke beberapa dimensi untuk menjemput para superhero agar berjuang bersama melawan Korean Man. Iya, benar, Profesor Senbei terinspirasi oleh film The Avengers yang ditontonnya di memori otak manusia yang sempat dijelajahinya.


Dia pun mulai mencoba mengoperasikannya. Dia mengirim Arale ke dimensi kartun anak sekolah. Tugas Arale adalah menjemput para prajurit Sailor. Beberapa jam kemudian, ada SMS dari Arale yang merupakan kode agar ia dikembalikan ke masa kini. Ia pun datang membawa sepasang anak SMA. Yang perempuan berambut kuning, yang laki-laki berambut coklat. Mereka muncul sambil bernyanyi, “Entah mengapa ada yang selalu ketinggalan.. Perasaan hati yang tak pernah puas mengapa.. Di dalam dada hatiku sedang tidak menentu.. Sayap-sayap kecil mulai dikepak-kepakkan..[2]

Miyu & Kanata

Profesor Senbei pun mulai curiga. Masa prajurit Sailor cuma dua ekor? Ada yang laki-laki pula. “Kamu yakin mereka prajurit Sailor?” tanyanya pada Arale yang sedang memainkan kotoran yang bentuknya seperti es krim cone di Mc.D.
“Iya. Itu yang perempuan, kan, mirip Minako si Sailor Venus.”
“Terus, yang laki-laki? Kenapa kamu bawa juga?”
Arale tersipu malu. “Aku bawa dia karena dia ganteng. Jauh lebih ganteng dari Karamel Man,” jawab Arale malu-malu.

Profesor Senbei pingsan. Tapi, sebelum dia jatuh ke tanah, dia sadar bahwa di tanah itu banyak kotoran yang dimainkan oleh Arale, jadi dia memutuskan untuk membatalkan acara pingsannya. Dia langsung menoleh pada si rambut kuning.
“Jadi, kamu Sailor Venus? Lalu, mana Sailor Moon?” tanyanya.
Gadis itu kebingungan. “Sailor Venus? Sailor Moon? Siapa itu? Nama saya Miyu, dan ini kawan saya, Kanata,” jawabnya sambil masih kebingungan.

Profesor Senbei pun paham. Arale salah orang!!! Dia pun segera mengembalikan mereka ke dimensinya. Dia lalu menyuruh Arale kembali ke dimensi kartun anak sekolah dan menemukan para prajurit Sailor. Dan kali ini dia dibekali foto para prajurit Sailor, mulai dari yang rambutnya kuning dikuncir dua dengan onde-onde di kepalanya, yang rambutnya hitam panjang, sampai yang rambutnya biru pendek. Dan beberapa jam kemudian dia kembali memberi kode bahwa dia sudah menemukan yang dicari. Arale pun muncul diikuti beberapa perempuan dengan ciri-ciri persis seperti di dalam foto, hanya saja mereka belum memakai kostum sailor.
Prajurit Sailor

 “Kenapa kalian belum berubah wujud menjadi prajurit Sailor?” tanya Profesor Senbei.
Alih-alih menjawab dengan kalimat biasa, Usagi malah bernyanyi, “Namun sebelum ku berganti rupa ingin aku menemuimu.” Setelah itu dia dan kawan-kawannya langsung memeragakan gaya seperti biasanya ketika dia akan berubah wujud. Melihat hal itu, Profesor Senbei langsung berteriak, “STOP!!! Ganti bajunya di kamar ganti, jangan di sini!”

Selagi menunggu para prajurit Sailor berubah wujud, Profesor Senbei mengutak-atik mesin lintas dimensinya. Tiba-tiba mesin bergetar lalu muncul empat orang gadis cantik yang masing-masing berambut pink, coklat, dan hijau. Rupanya tadi portal dimensi belum tertutup dan ada yang tersedot hingga masuk ke dimensi Desa Pinguin, tempat tinggal Profesor Senbei itu. Usagi, yang sudah berubah menjadi Sailor Moon, terkejut melihat gadis berambut pink. “Chibiusa!!![3]” teriaknya.
“Kamu siapa? Namaku bukan Chibiusa. Aku Momoko Hanasaki,” jawab gadis berambut pink.
“Tidak! Kamu pasti Chibiusa, anakku dan Mamoru di masa depan. Ini aku, Usagi. Di masa depan aku adalah Ratu Serenity, Mama-mu!” jelas Sailor Moon.
“Hey, kau jangan macam-macam! Namanya memang bukan Chibiusa. Dia Momoko!” si rambut hijau pendek mulai emosi melihat Sailor Moon menuduh kawannya yang berambut pink sebagai anaknya.
“Chibiusa, masa kau lupa pada Mama-mu sendiri?” kata gadis berambut kuning lebat, Sailor Venus (yang asli, bukan yang salah ‘culik’ tadi).
“Mama-ku bukan Ratu Serenity. Mama-ku adalah cinta yang sejati!!![4]” teriak gadis yang mengaku bernama Momoko itu. “Eh, tempat apa ini? Kenapa kita bisa ada di sini, Hinagiku?” tanyanya pada kawannya yang berambut hijau setelah menyadari kalau dia sedang berada di dimensi yang aneh.
“Entah. Menurutmu kita di mana, Yuri?” tanya Hinagiku pada kawannya yang berambut coklat dan mengabaikan pandangan bingung para prajurit Sailor.
Belum sempat Yuri menjawab, Sailor Moon sudah menyela. “Kamu pasti sudah dipengaruhi monster jahat sampai kamu lupa padaku,” kata Sailor Moon pada Momoko. Dia pun segera mengeluarkan kata-kata andalannya. “Dengan kekuatan bulaaaaan, akan menghukummu!!!”
Momoko dan kawan-kawannya langsung menghindar sebelum Sailor Moon menyerang. Mereka berubah wujud menjadi Love Angels. Momoko berubah menjadi Wedding Peach.

Love Angels

 “STOP! Sailor Moon, dia memang bukan anakmu. Dia adalah angel dari dimensi yang berbeda dengan dimensimu,” kata Profesor Senbei setelah melihat perubahan wujud Momoko dan kawan-kawan. Pertarungan pun terhindarkan.

Tanpa sepengetahuan Profesor Senbei, Arale mengutak-atik mesin lintas dimensi hingga mesin itu bergetar hebat. Kemudian muncul seorang laki-laki berambut panjang dan merah dengan tanda lingkaran di pipi kiri. Disusul seorang lelaki dengan baju biru dan ikat kepala putih. Kruyuuuk! Perut lelaki dengan ikat kepala putih itu berbunyi. “Ada makanan tidak? Ada kue bawang?” tanyanya.

Kenshin Himura

Akira Yuki

Profesor Senbei kebingungan karena mereka muncul tanpa dijemput. “Siapa kalian?” tanyanya.
“Aku Kenshin Himura,” lelaki dengan tanda lingkarang di pipinya menjawab dengan berwibawa.
“Kalau aku Akira Yuki. Ah, apa yang terjadi hari ini? Seperti sudah melakukan perjalanan panjang sampai perutku jadi sangat lapar,” cerocos si ikat kepala putih.
“Ah, aku tahu. Kamu Akira Yuki yang jago bela diri dan naksir Pai Chan itu, kan?” Profesor Senbei langsung mengenali lelaki yang kelaparan itu. Kemudian ia menoleh pada lelaki dengan luka di pipi. “Setahuku Kenshin memiliki luka berbentuk tanda silang. Kenapa punyamu tandanya lingkaran?” tanya Profesor Senbei.
“Oh, itu karena Kaoru tidak suka. Setiap dia melihat tanda silang di pipiku dia selalu teringat nilai ujiannya yang buruk. Jadi, dia memintaku menghapusnya lalu menggantinya dengan tanda lingkaran[5],” jawab Kenshin. Profesor Senbei pun manggut-manggut.

Setelah semua ketidakjelasan yang terjadi, Profesor Senbei pun mengumpulkan mereka di rumahnya dan menjelaskan rencananya. “Kita akan menghancurkan Korean Man dengan cara menghancurkan K-Pop dan K-Drama,” terangnya setelah menunjukkan video K-Pop dan K-Drama pada mereka semua.
“APAAA? Menghancurkan K-Pop? Tidak mau! K-Pop tadi itu keren!” teriak Makoto, Sailor Jupiter.
“Iya, aku juga tidak mau!!!” sahut para prajurit Sailor yang lain.
“Aku bahkan sudah berencana membentuk girlband yang anggotanya para prajurit Sailor,” kata Rei, Sailor Mars.
“Aku juga tidak rela kalau K-Drama dihancurkan. Nanti aku tidak bisa menonton Lee Min Ho yang ganteng lagi,” kata Momoko disambut anggukan Hinagiku.
Profesor Senbei kehabisan kata mendengar pengakuan para prajurit Sailor dan Love Angels. Belum habis keterkejutannya, Kenshin Himura mengeluarkan pernyataan yang lebih mengejutkan.
“Aku sebenarnya sudah berniat memotong rambutku dan meniru potongan rambut personel Shiwon Suju,” katanya enteng. Rupanya dia sudah langsung menjadi ELF begitu melihat video penampilan Suju.
“Kalau aku, sih, ingin meniru gaya rambut Big Bang,” kata Akira Yuki. “Aku juga ingin membentuk boyband dengan lagu andalanku ‘Satu-satu musuh jatuh dan tidak berdaya. Tak perduli siapa yang kuhadapi. Bagaikan burung terbang di angkasa. Kan kuraih bintang dengan tanganku[6].’ Bagus, kan, suaraku?” kata Akira setelah menyanyikan lagu favoritnya.
Profesor Senbei tidak bisa berkata apa-apa. Pupus sudah harapan menyelamatkan dunia kartun.

* * * * *
"Postingan ini diikutsertakan dalam My First Giveaway: P-A-R-O-D-I ANIME oleh Ca Ya

Photobucket
* * * * *
Catatan:
Profesor Senbei, Arale, Karamel Man, dan Marishito adalah tokoh dalam anime “DR. SLUMP
Momoko Hanasaki, Hinagiku, dan Yuri adalah tokoh dalam anime “Wedding Peach
Miyu dan Kanata adalah tokoh dalam anime “UFO BABY
Usagi (Sailor Moon), Minako (Sailor Venus), Makoto (Sailor Jupiter), Rei (Sailor Mars), Mamoru, dan Chibiusa adalah tokoh dalam anime “Sailor Moon
Kenshin Himura dan Kaoru adalah tokoh dalam anime “Samurai X (Rurouni Kenshin)
Akira Yuki dan Pai Chan adalah tokoh dalam anime “Virtua Fighter
Sumber gambar: Google. Untuk masing-masing situs sumber gambar tidak bisa disebutkan karena saya lupa, hehehe... Yang jelas, gambar pada posting ini bukan karya saya.

[1] Salah satu bait dalam OST DR. SLUMP
[2] Salah satu bait dalam OST UFO BABY
[3] Dalam anime yang diputar di Indonesia, nama Chibiusa diterjemahkan menjadi Usagi Kecil
[4] Dalam lirik opening OST Wedding Peach ada kalimat “Seperti Mama-mu cinta yang sejati akankah kutemukan”, jadi bisa diartikan bahwa Mama-nya Wedding Peach adalah cinta yang sejati
[5] Di Jepang, kalau jawaban benar biasanya diberi tanda lingkaran, bukan tanda centang
[6] Salah satu bait dalam OST Virtua Fighter

ARTIKEL TERKAIT



47 komentar:

  1. wih wih.. banyak banget ya char yang digunakan di cerita, pasti gemar nonton kartun dulunya ^.

    wahaha... para pemain dunia kartun unjuk rasa ne ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, emang kegiatanku dulu kan nonton mulu. Ini malah masih nggak rela karena belum masuk semua di cerita. Masih ada Kojiro, Chibi Maruko Chan, Nanako Chan, Inuyasha, Takuro (Kickers), Noa Izumi (Patlabor), masih buanyaaak yang gak bisa dimasukin T______T

      *serasa kaya otaku -____-"*

      Hapus
  2. wkwkwkwkwk mantap udah berapa kali menang nih? hihihi asli imajinasimu mil? akhirnya menemukan tempat berimajinasi konyol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru dua kali, itu pun hadiahnya belum nyampe T___T

      Gak ada kalian, imajinasiku jadi kurang konyol, nih :p

      Hapus
    2. Lupa jawab satunya. Iya, lah, ini imajinasiku, masa imajinasimu. Belum nemu lawan yang memberi inspirasi imajinasi dudul selain kalian, nih.

      Hapus
  3. hahaha.... konyol banget dan semuanya mengingatkanku sama era 90-an... kayaknya si mbak sama aku beda tipis yah usianya... hehehe

    dan yang kayak gini nih layak menang.... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kayaknya beda tipis, mudaan aku mungkin :D :D :D

      Aamiiin, semoga beneran menang, hihihi...

      Hapus
  4. Mil...aku inget..kamu kadang mikirin hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan alias mikirin hal yang gag penting. Kadang kamu mikirin hal yang tidak seharusnya kamu pikirin, misalnya saat kamu ama eny nonton suatu film...biasanya kamu mikir secara dalem dan membantahnya kalo kejadian di film itu gag mungkin bisa terjadi kalo kondisinya seperti itu. Dan saat kemarin saya jalan sama eyik....eyik tak ceritain tentang kamu...karena sekarang teman mikir gag pentingku adalah si eyik itu. Terus eyik nanya...mbak mila kalo nonton Conan....sebegitu mikirnya gag mbak?? Nah pertanyaan itu belum bisa saya jawab...tolong di jawab ya mil..Apa yang ada di pikiranmu saat menonton conan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah. Aku akan menjawab pertanyaan Eyik melalui Ndaru. Sebenernya kalo aku nonton Conan, aku tuh mikir kenapa dia bisa kecil gitu? Padahal, kalo dipikir-pikir, yang namanya pertumbuhan itu irreversible, gak bisa di-batal-kan atau artinya orang yang badannya besar gak bisa dikecilin kaya gitu. Aku mikirnya, yang paling mungkin itu kalo orang mengecil itu dengan cara 'menghancurkan' beberapa sel di tubuhnya. Nah, kalo sel-nya 'hancur', bukannya kecil malah bolong-bolong. Apalagi kalo sel tulang. Kalo rusak malahan patah, ya, kan? Itu salah satu yang kupikirkan kalo nonton Conan. Lainnya nggak usah diceritain, lah. Panjang.

      Sekian jawaban dariku. *napa serius amat, yak?*

      Hapus
  5. mungkin kalo saat ini kita masih bisa sering main bersama...kira kira kita akan mikirin apa ya, apalagi di tambah eyik yang imajinasinya kadang ke mana mana. Maka perpaduan kamu, eyik, eni, dan wida...entahlah akan jadi kartun apa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh akan jadi kartun paling absurd sepanjang masa :D :D :D

      Tapi, jangan, ah. Entar imajinasi Eyik tentang pencerminan yang maya, tegak, diperbesar itu bisa menghilangkan kadar ke-absurd-an cerita dan membuatnya jadi ilmiah :p

      Hapus
  6. huwaaa.. sailormoon.. wedding peach.. kenshin.. kangen deh..
    kamu pinter bgt deh bikin cerita.. dicampur2 gt, tp nyambung aja yah.. hihihi..
    sukses ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka juga, ya, sama kartun-kartun itu? Hehehe...


      Eh, kok, nggak ada yang komentar setuju kalo Miyu mirip sama Minako dan Chibiusa bisa dimiripin sama Momoko, yak?

      Hapus
  7. saya tidak begitu suka kartun... tp baca ini jadi tertarik nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, padahal banyak kartun yang bagus, lho :p

      Hapus
  8. Sek ndah, aku tak absen wae sek, nanti tak baca lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa!!! Harus dibaca sekarang :p

      Hapus
    2. Sudah kubaca lagi ndah, tetep gak ngerti aku wkwkwkkwkw....

      Semoga menang deh kontesnya :p

      Hapus
    3. Ah, si Budhy ini gak asik, ah! Masa nggak ngertiii..

      Hapus
  9. Aaaaaaah..... Tidaaaaaaak...!!! *histeris*

    Ke-kenapa Kenshin digambarkan begitu dudul dan gak kharismatik sama sekali di sinih? O.O

    Bener, kan? Ini pasti #ohthehorror! :DDD

    Kartun yang dulu aku tonton dan sekarang kalo dipikir-pikir lagi sebenernya ceritanya mau-maluin itu: Wedding Peach. Mosok berantem membela kebenaran dan cinta bersenjatakan lipstik dan bedak compact?! (Masih untung gak pake krim pemutih wajah merek Tje Fuk sih.) :DDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahahaha! Gak dudul-dudul amat, kok :p

      Senjatanya kaya gitu karena musuhnya jelek. Biar mereka langsung minder jadi jagoannya pake kosmetik biar mankin cantik dan musuhnya makin ngeper. *analisis bodoh*

      Yang Yokoso Yoko juga setipe tuh. Kayaknya energinya dari kotak kosmetik.

      Hapus
    2. Eh, jangan-jangan Mba Octa salah tangkep. Ntu yang saya bikin dudul tu Akira Yuki, bukan Kenshin.

      Hapus
  10. hihihiy, jadi inget sama Arale "oyoy", dia masih suka maenin "itu" ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya masih.. Tuh di cerita saya masih maen "itu".

      Hapus
  11. arele itu yang bisa lari kenceng it bukan ya?
    :/
    gut lak buat GA-ny :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, benul, yang larinya kenceng.

      Hapus
  12. waaaaa... parodi milati lebih keren, bakalan kalah dah punya gue. huhuhu, mantep!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mau ngalahin, kedaftar aja belum :'(

      Hapus
    2. Iya, punya gue juga belom dicek ma ca ya Mil! Padahal do'i dah bolak-balik new post...

      Hapus
  13. Sailormoon.. hehe, ingat masa-masa lalu, saaat menunggu tayangnya sailormoon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, Sadah bukannya cowok, ya? Suka Sailor Moon juga ternyata.

      Hapus
  14. wah mantap nie, campur aduk ceritanya. konyol dah jadinya, jadi ingar kartun jaman dulu, mungkin jaman sekarang ini ud ga ada bankan ud ga ada yang kenal lagiya. ou sailormon. heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kayaknya anak-anak sekarang udah gak kenal sama Sailor Moon lagi :p

      Hapus
  15. gak geje kok Mil? aku juga pada kenal semua tokohnya kok. Hmm... bagus sekali khayalanmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, gak geje, ya? Ckckck! Gagal, deh :p

      Hapus
  16. wakakakakak...*ngakak guling2... konyol banget sih Mil... kamu tu ya... imajinasimu tu kok ya nyampe segitunya... Semoga menang aje deh GA-nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kalo nggak konyol bukan Millati namanya :p

      Hapus
  17. gmn dengan kartun Indonesia..?!?! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartun Indonesia kayaknya udah mati sebelum lahir. Semoga saja nanti ada kartun Indonesia yang keren.

      Hapus
  18. kartun yang aku seneng kok cuman last airbender doang ya..?
    eh sama tom jerry ding...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Aang itu yah? Saya malah nggak ngikuti anime-nya..

      Hapus
  19. hahhaha ya ampyuun rusuh nih :D
    kartun addict nih :D
    ah jd kgn smua kartun di cerita inih uhuhuh...

    komennya udh msk kok :D
    thx yaaa resmi jd peserta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya diabsen juga sama yang punya acara :p

      Hapus
  20. Huwoooow animenya lagi reunian ya?
    Keren bisa jadi satu semua gitu.
    Jadi kangen kartun jaman dulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu'um, nih, reunian mereka, cuma belum terlalu lengkap peserta reuninya :p

      Hapus
  21. anime pun kena virus kpop,,kekekeeke...

    BalasHapus
  22. hahaha nyimak saja saya..
    salam blogwalkig..

    BalasHapus

Silakan meninggalkan jejak berupa komentar sebagai tanda bahwa teman-teman sudah membaca tulisan ini.. Tapi, tolong jangan menggunakan identitas Anonim (Anonymous), ya.. Dan juga, tolong jangan nge-SPAM!!!