Jumat, 25 November 2011

Tentang Pertama

Kali ini aku ingin menguji ingatanku. Halaaah... Umm, sebenarnya aku hanya ingin mendokumentasikan beberapa pengalaman pertamaku.

Kali pertama naik kereta api
Berhubung aku orang yang tidak sering bepergian jauh, aku tidak pernah naik kereta api sampai lulus SMU. Pertama kalinya aku naik kereta api yaitu ketika aku mau membeli formulir pendaftaran Poltekkes Semarang dan formulir SPMB, kira-kira tahun 2004 lah, bulannya lupa. Aku naik kereta Kaligung, kereta ekonomi jurusan Tegal-Semarang bersama Ery. Yah, sepertinya itu juga pertama kalinya pergi ke Semarang.

Kali pertama makan durian
Waktu itu aku sedang magang di BPS Pusat. Kebetulan subdirektorat tempat aku magang mengadakan konsinyasi ke Bogor. Dan di sana, Pak Kasubdit (maaf, namanya tidak bisa disebut) membelikan durian. Dan di umurku yang 20 tahun (kala itu) itulah kali pertama aku makan durian. Kasihan? Tidak juga. Setelah tinggal di Aceh, aku jadi sering makan durian (kalau sedang musim durian tentunya). Jadi, cukup puas lah meskipun aku baru makan buah itu saat umurku 20 tahun.

Kali pertama makan leci
Aku lupa tepatnya kapan, antara kuliah atau sudah magang. Yang jelas waktu itu aku hendak pulang kampung dan bingung mau membawa oleh-oleh apa. Heni mengajakku ke Pasar Mester (nama resminya Pasar Jatinegara). Dia mengusulkan padaku untuk membeli buah leci. Aku pun menuruti sarannya. Dan ternyata bukan aku saja yang belum pernah makan leci. Setelah sampai di rumah, Abahku berkata, "Seumur-umur, baru kali ini Abah makan buah ini." Sepertinya Abahku senang kubawakan buah itu. Hehehe...

Kali pertama naik pesawat terbang
Pertama kali aku naik pesawat terbang kalau tidak salah 3 Mei 2009. Itu pertama kalinya aku ke bandara, naik pesawat, dan kali pertama aku meninggalkan Pulau Jawa. Yah, hari itu aku berangkat ke Aceh. Sebagai anak bawang yang tak tahu seluk beluk bandara, aku pun cuma bisa nunut dan membuntuti kawan-kawanku yang sudah biasa naik turun pesawat. Dan di dalam pesawat, aku mabok dengan suksesnya!!! Sampai sekarang pun, meski sudah berkali-kali naik pesawat, tetap saja mual-mual. Ujung-ujungnya aku selalu berusaha tidur bila pesawat sudah take off.

Kali pertama menang lomba
Kali pertama aku menang lomba adalah sewaktu kelas 3 SMP. Sebenarnya bukan cuma aku yang menang tapi tim-ku: aku, Aryo, dan Christina (kalau tidak salah itu oknum-oknumnya). Kami ikut lomba Cerdas Tangkas Matematika tingkat Karesidenan Pekalongan. Alhamdulillah, menang.Sebelumnya pernah menang lomba tidak ya? Pernah ikut lomba kelereng tapi tidak juara satu, berarti tidak menang, kan, ya?

Kali pertama belajar naik motor
Saat aku baru tiba di Aceh, aku tidak bisa naik motor sama sekali. Beberapa bulan kemudian, pokoknya sekitar tahun 2009, Mery mengajariku cara mengendarai sepeda motor. Awalnya aku malas. Berhubung Mery sudah datang jauh-jauh dari rumahnya ke kosku, akhirnya aku mau diajari.

Kali pertama jatuh cinta
Umm, aku sebenarnya tidak tahu definisi jatuh cinta. Yang jelas, kali pertama aku naksir cowok ketika kelas 6 SD. Dia teman sekolah, teman madrasah, sekaligus tetangga. Orangnya ganteng, mirip Bondan Prakoso. Sejak kami kecil pun dia sudah dibilang mirip Bondan (waktu itu Bondan hits dengan lagu Si Lumba-Lumba). Sekarang, sih, orangnya sudah bertunangan dan hampir nikah, hehehe...

Ah, sudah dulu meracaunya.

ARTIKEL TERKAIT



19 komentar:

  1. Hmmmm saya pertama kali tertarik pada lawan jenis pas kelas 3 SD. :D

    BalasHapus
  2. @Asop: wiz, cepet amat yak kelas 3 SD dah naksir cewek?

    BalasHapus
  3. hihihih,,, SD sudah naksir2an ternyata.. :D

    ehmm, naik pesawat juga aku belum sama sekali.. :D
    Oya, linknya sudah aku pasang di tempatku, dan ini salah satu blog saya yang di BP.. :D

    BalasHapus
  4. aku jg pernah waktu pertama kali ke semarang naik kreta dari Tegal, waktu itu emang baru pertama kalinya, sendirian pula. Asli bingung, ahirnya minta bantuan teman yg sudah sering bolak2 semarang lewat HP, dipandu sama temanku itu hingga ahirnya sampai ke semarang.. :D

    BalasHapus
  5. @mabrurisirampog:
    wah, masih mending saya, ada temen..

    BalasHapus
  6. Aku naksir orang pertama pas SMP. :D
    Seru juga nulis pengalaman pertama yang banyak begini. :D

    BalasHapus
  7. @ Sitti Rasuna Wibawa: masih banyak pertama-pertama yang lain :D

    BalasHapus
  8. @ Redha Herdianto:
    pertama balas komen Redha Herdianto :)

    BalasHapus
  9. @ catatanburungpelatuk:
    Makasih :)

    BalasHapus
  10. Kali pertama naik kereta api:
    Lupa, maih kecilk waktu itu.

    Kali pertama makan durian
    Lupa juga, ini juga masih kecil.

    Kali pertama makan leci
    Lupa lagi, kayaknya malah nggak pernah makan buahnya kangsung. -__-'

    Kali pertama naik pesawat terbang
    lupa juga, ingetnya waktu itu mau ke pontianak.

    Kali pertama menang lomba
    kalo ga salah TK, tapi lupa lomba apa. ishh.

    Kali pertama belajar naik motor
    yg ini baru inget, kalo nggak salah waktu awal-awal SMP.

    Kali pertama jatuh cinta
    ini juga lupa, kalo cuma suka sih mungkin wajar,tapi kalo jatuh cinta, kayak nya malah nggak pernah tuh, eaa.

    bah, ingatann ku payah kali ini. -__-'

    hebat nih si mba yang masih inget semuanya itu yang diatas.

    BalasHapus
  11. @ Eizaldy Gema: hati-hati tuh, tanda-tanda penuaan dini :p

    BalasHapus
  12. Pertama kali ke sini.... ya... sekarang. :)
    Salam kenal,yaa....

    BalasHapus
  13. @ nandobase:
    Salam kenal juga :)

    BalasHapus
  14. Wah mbak sih enak pernah naik pesawat. Lha saya, sampe sekarang belum pernah >.<

    BalasHapus
  15. @ iam:
    Naek pesawat gak enak kok :p

    BalasHapus
  16. sekarang dah bisa naek motor? :D

    BalasHapus
  17. @ Kai:
    udah bisa dooong :p
    kan dah punya motor, masa ga bisa naeknya.

    BalasHapus

Silakan meninggalkan jejak berupa komentar sebagai tanda bahwa teman-teman sudah membaca tulisan ini.. Tapi, tolong jangan menggunakan identitas Anonim (Anonymous), ya.. Dan juga, tolong jangan nge-SPAM!!!