Selasa, 14 Juni 2011

Burnout

Burnout. Mungkin itu yang sedang terjadi padaku saat ini. I don't wanna do anything. Malasnyaaa... Terlalu jenuh? Mungkin... Agak menyebalkan memang beberapa pekerjaanku akhir-akhir ini. Dan sepertinya sudah jadi kebiasaan bahwa instruksi pengecekan diberitahukan di akhir ketika sudah "dianggap" selesai.

Wahai para subject matter yang merencanakan sebuah survei, buatlah perencanaan dengan matang. Tentukan apa saja yang harus diperiksa selama masih di lapangan, agar tidak perlu terlalu banyak revisit. Tentukan pula apa saja yang harus diperiksa selama entry sebelum data dikirim, agar tidak perlu mengecek berkali-kali setelah data dikirim.

Wahai para pembuat aplikasi, tolong lakukanlah analisis sistem berjalan dan analisis kebutuhan user dengan benar. Periksalah apakah aplikasi sebelumnya sudah cukup baik atau belum. Tak selamanya kita harus mengubah sistem 100 %. Bisa saja ada modul yang sudah cukup baik di aplikasi yang lama. Tak ada salahnya diadaptasi. Meskipun membuat sistem baru dengan bahasa pemrograman berbeda, algoritmanya tetap bisa di"contek" kan?

Dan sekali lagi, para subject matter, berilah informasi yang selengkap-lengkapnya pada para pengembang aplikasi. Apa saja yang dibutuhkan. Apa saja kekurangan sistem yang lama. Apa saja validasi yang diperlukan.

Ah, percuma saja mengomel di sini. Takkan ada yang membaca. Hehehe, justru itulah bagusnya menulis di blog yang tak diketahui siapapun kecuali Allah, aku, dan Google. Aku bebas berekspresi. Tak takut dibaca. Tak berharap juga untuk dibaca.

Semoga burnout ini tidak bertahan lama. Aku kan harus mengerjakan yang lain. Sudah ada beberapa pekerjaan yang sudah menanti. SEMANGAAAAAAAAAAAAT!

ARTIKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan jejak berupa komentar sebagai tanda bahwa teman-teman sudah membaca tulisan ini.. Tapi, tolong jangan menggunakan identitas Anonim (Anonymous), ya.. Dan juga, tolong jangan nge-SPAM!!!